plus.google.com
"mawardi a asja"

SAPI BETINA PRODUKTIF UNTUK QURBAN?

Tuesday, October 15, 2013 7 comments

Pengantar

Pada tahun 2010 silam, kami pernah melakukan survey kurban ternak kambing pada beberapa sampel masjid di 14 kecamatan semakassar.  Tujuan utama survey adalah untuk melihat perkembangan tingkat pemotongan ternak kambing sebagai hewan kurban dan faktor apa saja yang ikut menentukan dinamika penggunan ternak kambing sebagai hewan qurban.  Walaupun kami hanya mengambil sampel 60 sampel masjid (atau tempat pemotongan) dan hanya 54 quisioner yang dinyatakan valid, ada data sampingan yang kami peroleh pada survey tersebut.  Kami juga mencatat pemotongan jenis ternak lain yang didominasi oleh ternak sapi.  

Terkait dengan judul artikel di atas, hal ini memang tidak lazim terjadi, pada survey, hanya tercatat hanya ada 1 ekor kambing, 1 ekor sapi dan 1 ekor kerbau (kerbau terdata hanya seekor) yang merupakan ternak betina.  Mungkin, memang tidak lazim, namun tetap saja hal ini sedikit mengganggu pikiran saya.  Mengapa tidak, umum orang meyakini bahwa ternak betina boleh menjadi hewan kurban.  Pengusiknya, bahwa ternak betina yang dimaksudkan digeneralisasi pada semua jenis ternak, yang berarti ternak betina bertanduk besar (sapi/kerbau) masuk dalam kategori ini.

Jika mengacu pada syarat syah hewan qurban, pada segi keadaan ternak.  Dari sumber yang saya peroleh, secara mendasar kondisi hewan meliputi keadaan cacat, kesehatan fisik dan dewasa tubuh ternak (Lihat lebih detail).  Keadaan fisik yang baik dan telah dewasa tubuh, sangat identik dengan produktifitas ternak.  Nahh, kalau ternak betina, dan betina itu sapi/kerbau, berarti arahnya adalah sapi/kerbau betina produktif.

Beberapa hal yang membuat saya tidak sepakat dengan generalisasi semua jenis betina untuk hewan qurban, dapat saya uraikan dibawah.  Sebelumnya mohon faat apabila resensi masih memerlukan pengayaan (mohon masukan):

Islam Mengamanahkan Kelestarian dan Kesinambungan (Sustainable)

Dalam Al-Quran kita diperintahkan untuk memelihara bukan hanya pada diri sendiri, tapi menjaga (memelihara) diri dan keluarga (Q.S. A-Tahrim: 6; Q.S Taha: 132), tetangga (QS. An-Nisaa’:36), sesama muslim (Q.S. Al-Hujuraat: 10-12), orang lain (Q.S. Al-Maa-idah: 8), lingkungan dan isinya, hingga mencegah kerusakan dibumi (Q.S Al Qashash : 77).

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Q.S Al Qashash : 77) Sumber Kutipan

Islam Selalu Rasional

Pendekatan secara sederhana dapat dilihat dari semua perintah dan larangan yang selalu diterima akal sehat.  Semakin orang mencari sisi irrasional dalam syariah islam, semakin mereka menemukan keilmiahan didalamnya.  Rasulullah menyampaikan perintah puasa lebih dari 1400 tahun silam dan tidak diragukan lagi secara medis manfaat puasa saat ini (masih banyak info terkait yang dapat anda baca disini).  Indikator sisi rasional islam lainnya dan menurut saya sangat penting adalah perintah untuk menggunakan akal.  Menurut sumber yang saya dapat, di dalam Al-Quranul Karim, Allah mengulan kata Al aqlu (akal) sebanyak 50 kali; demikian juga kata Ulul Albab (orang-orang yang memiliki akal).  Dari segi khasanah bahasa, pengulangan berkali-kali dapat dimaknai perintah yang kuat atau tegas.  Buya Hamkah (semoga dirahmati Allah) mengatakan “Apakah yang dikatakan akal? ‘Aqal diambil dari kata aslinya yang artinya, ikatan. Nama ini telah cocok betul dengan pengambilan, karena ibarat tali mengikat unta, maka akal itu mengikat manusia. Dalam pepatah Melayu pun telah ada: “Mengikat binatang dengan tali, mengikat manusia dengan akalnya”.  Hal ini pula yang mendasari sehingga Islam menjadi sangat Ilmiah.

Dasar Hukum Ternak Betina Menjadi Hewan Qurban

Dari berbagai referensi yang saya telusuri (sangat kami mohonkan masukan jika ada tambahan lain), terkait landasan yang digunakan sehingga ternak betina dapat menjadi hewan qurban, saya hanya menemukan 2 dasar sebagai berikut:

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (QS Al-Hajj 34).

Dasarnya adalah pada kata ternak (Bahimatul an’am) yang sekaligus bermakna cakupan ternak yaitu unta, sapi, kambing, dan domba (menurut pemahaman orang/bahasa arab), dimana ternak tentu meliputi jantan dan betina.  Dasar pertama ini saya tempatkan bukan untuk menjadi dasar bantahan (khusus untuk ternak besar), namun indikasi awal tentang bolehnya ternak betina menjadi hewan qurban.

Landasan berikutnya didasarkan pada hadist Rasulullah Sallallahu Alaihiwasallam terkait Aqikah:

"Anak laki-laki hendaklah diaqiqahi dengan 2 kambing, sedangkan anak perempuan dengan 1 kambing. Tidak mengapa bagi kalian memilih yang jantan atau betina dari kambing tersebut." (HR. An Nasai no. 4222 dan Abu Daud no. 2835. Al HafizhAbu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Penyimpulan menurut As Sayrazi As Syafi’i, bahwa apabila dalam aqikah kambing betina dibolehkan berarti pada qurban (udhiyah) kambing betina juga diperbolehkan.

Terutama pada dasar yang ke-2 di atas, bahwa yang secara nyata ditegaskan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasaallam adalah pada ternak kambing.  Jika ada sumber hadist sahih yang secara tegas mengemukakan bahwa nabi pernah menyembelih unta atau sapi betina, saya mohon masukkan dalam komentar sebagai bahan referensi bersama.

Mengapa kalau kambing betina boleh? Menurut saya hal ini sangat identik dengan kapasitas reproduksi ternak kambing.  Beberapa indicator reproduksi tersebut antara lain:

  1. Siklus berahi kambing (17 hari) lebih pendek disbanding sapi (21 hari);
  2. Lama estrus pada kambing rata-rata 30 jam sementara pada sapi rata-rata 18 jam, sehingga frekuensi mounting pada kambing lebih tinggi disbandingkan pada sapi, sehingga peluang terjadinya konsepsi juga akan lebih tinggi; 
  3. Jumlah anak sekelahiran pada kambing dapat mencapai 3 ekor, sementara pada sapi secaa alami hanya 1 ekor; 
  4. Kebuntingan pertama pada kambing dapat terjadi kurang dari usia 1 tahun, sementara umur sementara pada sapi lebih dari 1,5 tahun; 
  5. Lama kebuntingan kambing sekitar 149 hari sementara sapi sekitar 281 hari.  
Perbedaan-perbedaan ini berujung pada perbedaan jumlah generasi yang dihasilkan dalam kurun waktu yang sama.  Apabila kondisi lingkungan mendukung secara optimum, seekor induk sapi betina produktif akan menghasilkan seekor anak setiap tahun, sementara kambing dapat menghasilkan 9 ekor dalam 2 tahun.  Dengan demikian, tentu terbayang bagaimana konsekrensi apabila betina produktif kambing atau sapi menjadi hewan qurban.

Kembali pada wacara Islam adalah agama yang menganjurkan agar kelestarian lingkungan dijaga, pertanyaan saya sederhana “memotong betina produktif merusak lingkungan atau tidak?”, berikut berdasarkan dasar rasionalisasi sederhana tentang aspek reproduksi ternak sapi dibandingkan dengan ternak kambing, “apa ini tidak cukup ilmiah mengindikasikan bahwa sapi betina produktif tidak dibolehkan atau minimal tidak dianjurkan sebagai hewan qurban”.

Landasan lain yang kami anggap sejalan dengan jalan pikiran kami adalah interpretasi IbnAbbas terhadap ayat Q.S Al-Haj:32 (“Siapa yang mengagungkan syiar Allah maka itu menunjukkan ketakwaan hati.” (Q.S. Al-Haj: 32), bahwa “Mengagungkan syiar Allah (dalam berkurban) adalah dengan mencari yang paling gemuk dan paling bagus” (Tafsir Ibn Katsir, 5/421).  Yang paling gemuk dan paling bagus berarti terdapat tingkatan nilai (secara financial) dan nilai pahala berdasarkan jenis ternak.  Unta yang mungkin lebih besar dibandingkan dengan sapi tentu akan memiliki harga yang lebih mahal dan sudah pasti, ketulusan dan keihlasan untuk berkorban dengan sesuatu yang lebih tinggi nilai (finansialnya) akan mendapat balasan pahala yanglebih baik.  Jantan atau Betina? Harga ternak jantan lebih mahal dibandingkan dengan ternak betina, berarti berkurban ternak jantan lebih afdal dibandingkan berkurban dengan ternak betina.

Wallahua'lam

Mohon tinggalkan komentar untuk pengawaan wacana ini.

By: Mawardi A Asja
Share this article :
Comments
7 Comments

+ comments + 7 comments

March 21, 2016 at 8:36 PM

Menginspirasi untuk ternak kambing qurban

October 26, 2016 at 8:55 PM


alhamdulillah terimakasih atas informasi mengenai kurbannya

December 6, 2016 at 11:45 PM

tentu dengan hadirnya tabungan kurban akan memudahkan para perkurban untuk mempunyai hewan kurban pada saat akan berkurban di hari raya idul adha.

February 22, 2019 at 2:39 AM

Jual MURAH KAMBING QURBAN hasil peternakan sendiri & peternakan binaan BEJO UTOMO FARM MALANG - JAWA TIMUR. Jenis Peranakan Etawa (PE) & Jawa Randu (Bliogon) TB 70 cm - 100 cm (1 meter). Bobot tidak susut karena kami beri pakan hijauan, sehat, gemuk, bertanduk, tidak cacat. Hp/Wa 081334272800 NB: Saya juga menjual BIBIT KAMBING PE & JAWA RANDU, serta LIMBAH SINGKONG MURAH MERIAH UNTUK PAKAN TERNAK. blog saya di https://malangkambingdombasuper.blogspot.com/2016/08/kambing-qurban-dan-aqiqoh-harga-hanya.html?m=1

February 22, 2019 at 2:40 AM

Jual MURAH KAMBING QURBAN hasil peternakan sendiri & peternakan binaan BEJO UTOMO FARM MALANG - JAWA TIMUR. Jenis Peranakan Etawa (PE) & Jawa Randu (Bliogon) TB 70 cm - 100 cm (1 meter). Bobot tidak susut karena kami beri pakan hijauan, sehat, gemuk, bertanduk, tidak cacat. Hp/Wa 081334272800 NB: Saya juga menjual BIBIT KAMBING PE & JAWA RANDU, serta LIMBAH SINGKONG MURAH MERIAH UNTUK PAKAN TERNAK. blog saya di https://malangkambingdombasuper.blogspot.com/2016/08/kambing-qurban-dan-aqiqoh-harga-hanya.html?m=1

December 24, 2019 at 9:46 PM

Sebentar lagi kita akan menyambut Natal dan Tahun Baru 2019/20. Tentunya Bolavita sebagai agen taruhan online terbesar dan Terpercaya Indonesia selalu memberikan berbagai bonus spesial khusus bagi para member setia disitus kami.

Event Promo kali ini bertemakan Kehangatan Natal 2019 dan Semangat Tahun Baru 2020 yaitu berupa bagi-bagi hadiah untuk seluruh member baru maupun lama yang berpartisipasi disitus kami.

Tersedia Hadiah :
» Hp Samsung Galaxy S10
» Hp Oppo Reno 2
» Hp Vivo V17 Pro
» Hp Xiaomi Note 7
» Hp Advan G3
» Xiaomi Mifa S2
» Humidifier Diffuser Aromatherapy
» T-Shirt Modis


» Promo Bonus Natal & Tahun Baru Bolavita 2019/20
Tautan Asli : http://159.89.197.59/promo-bonus-natal-tahun-baru-bolavita-2019-20/

Syarat & Ketentuannya cek di : http://bit.ly/2sXljdM

Kontak Resmi :
• WA : 0812-2222-995
• Telegram : 0812-2222-995
• Wechat : Bolavita
• Line : cs_bolavita

Post a Comment

 
Link Terkait : unsulbar | unhas | Peternakan-USB | Johny Template | Mas Templatea
Copyright © 2011. Wawasan Peternakan dan Statistik - All Rights Reserved
Base Template by Creating Website Modify by CG Advance modify by Mwd.Asja
Proudly powered by Blogger