plus.google.com
"mawardi a asja"

Penggunaan Expert Choice Lebih dari Satu Pakar/Responden

Saturday, January 18, 2014 13 comments

PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah, akhirnya ada kesempatan lagi untuk membuat artikel/postingan.  Dorongan menulis kali ini, melihat realita bahwa teman-teman yang melakukan penelitian baik S1, S2 maupun S3 dalam menggunakan AHP seluruhnya menggunakan beberapa orang pakar dalam pembobotan kriteria (Pembobotan Jamak).  Jika dilakukan secara manual, tentu hal ini dapat di atasi dengan menggunakan rerata geometrik (geometric mean).  Namun pada penggunaan program computer, khususnya Expert Choice, setelah kami coba telusuri, lumayan susah untuk mendapatkan artikel yang menguraikan lagkah prosedur penggunaan tool jika terdapat lebih dari satu pembobotan (lebih dari satu pakar).  Tutorial atau petunjuk langkah secara terperinci hanya menggambarkan suatu prosedur pembobotan oleh satu orang saja (pembobotan secara tunggal).  Nah, pada kesempatan ini, saya akan mencoba untuk mengurai garis besar prosedur dan makna yang mudah-mudahan dapat membantu.

PENDAHULUAN

Prosedur pembobotan pada dasarnya masih mengikuti prosedur dasar pembobotan secara tunggal, yang kita lakukan kali ini adalah mengaktifkan salah satu fitur yang disediakan oleh Expert Choice.  Fitur atau fasilitas tersebut adalah Participant yang terdapat pada Sub-menu “Go” yang ada pada toolbar.  Pada versi Trial, anda hanya dapat memasukkan maksimal 3 (tiga) orang pakar/responden, namun pada versi full jumlah partisipan (pakar/responden) pembobot jumlahnya tidak terbatas.  Mengapa dikatakan participant, bukannya Expert? Karena pada dasarnya pembobotan boleh dilakukan oleh siapa saja yang dianggap berkompoten atau memiliki keterkaitan dengan kajian/penelitian yang sedang dilakukan.  Pada bidang kajian tertentu, expert atau pakar mutlak diperlukan, namun pada penelitian yang memang memerlukan tanggapan masyarakat atau konsumen (misalnya) maka mereka bukan pakar atau ahli melainkan partisipan atau responden biasa.  Dengan demikian maka, penggunaan tool participant ini boleh untuk Pakar maupun oleh masyarakat yang menjadi objek penelitian.

PROSEDUR PEMBOBOTAN

Langkah 1

Susun hierarki sebagaimana pada pembobotan secara tunggal, untuk prosedur ini silahkan and abaca artikel saya sebelumnya (Penggunaan Expert Choice pada Aplikasi AHP untukPenetapan Komoditi Ternak Prioritas di Kabupaten Majene).  Sebagai contoh lihat Gambar dibawah:


Langkah 2

Klik “Go” pada toolbar, pada drop list pilih Participants Table.  Selanjutnya akan muncul window Participan Table.  Pada window ini, Klik Edit pada toolbar, lalu klik Group enable.  Berikutnya Klik Edit kembali, lalu masukkan banyaknya (N) Pakar atau partisipan yang melakukan pembobotan dengan memilih Add N Participants (Catatan: Group enable akan hilang dari dropdown list setelah diaktifkan/enable).  Lihat Gambar di bawah.





Langkah 3

Setelah menetapkan banyaknya (N) partisipan, pada table participant selanjutnya akan muncul Facilitator, Combined, P2, P3 dan P4.  Facilitator adalah “anda” sebagai peneliti yang juga mempunyai hak untuk melakukan pembobotan.  P2 – P4 adalah pada Pakar atau partisipan yang memberikan pembobotan.  Agar tidak tumpang tindih dan bingung saat pengimputan nilai pembobotan dari masing-masing pakar, sebaiknya kode P2 – P4 diganti dengan nama atau inisial pakar yang memberikan pembobotan.  Caranya, klik pada cell P lalu ketikkan nama atau inisialnya (Lingkaran 1).  Anda juga dapat memasukkan berbagai informasi pakar lain, seperti alamat email, lokasi, hingga organisasi atau institusinya (jika dianggap perlu).  Combined adalah gabungan dari penilaian para pakar dan atau fasilitator.

Selanjutnya perhatikan pada kolom Combined (Kotak 2), secara default, akan tercentang Combined yang berarti bahwa dalam pembobotan nantinya akan digabungkan atau nilai akhir bobot kriteria merupakan hasil rerata geometri.  Perhatikan juga kolom Participanting (Kotak 3), pada kolom ini anda dengan leluasa dapat mengaktifkan siapa saja partisipan atau pakar yang digunakan nilai pembobotannya (judgment). Lihat Gambar di bawah:


Mengapa?? Pada keadaan tertentu, partisipan atau pakar mungkin saja memberikah hasil pembobotan dengan nilai inconsistensi lebih besar 0,25 atau diluar nilai penerimaan, sehingga anda dapat masuk kembali pada Participants Table untuk mengeluarkan partisipan tersebut dalam analisis tanpa harus menghapus data-data yang telah anda input.
Mengapa tidak dihapus saja?? Karena anda selaku peneliti, dapat mengkonfirmasi kembali kepada pakar atau responden anda terkait dengan inkonsistensinya dalam memberikan pembobotan.  Ingat penilaian secara skala sangat dipengaruhi oleh referensi dan pengalaman seseorang, hari ini mungkin dia menganggap suatu hal penting namun setelah diskusi atau membaca surat kabar ada kemungkinan persepsinya akan berubah.

Langkah 4

Setelah selesai padalangkah 3, window Participants Table sekarang bisa ditutup. Pada Window utama sekarang anda akan menemukan sedikit perubahan pada menubar.  Akan terdapat tambahan icon Participant (1) dan List of Participant (2).  Icon participant berguna untuk memanggil kembali Table of Participant sedangkan List of Participant adalah dropdown menu yang berisi daftar kolom pertama pada Table of Participant.

Langkah 5

ANALISIS. Pilih nama pakar atau responden yang ingin anda masukkan hasil pembobotannya.  Selanjutnya lakukan Pair wise Comparison pada kriteria dan alternatif sebagaimana prosedur pada pembobotan secara tunggal (klik untuk postingan terkait).  Ulangi prosedur untuk masing-masing pakar/responden dengan dengan cara yang sama.  Dengan demikian sekarang anda memiliki hasil pembobotan untuk masing-masing pakar, nilai sensitifitas, inconsistensi dan lain sebagainya berdasarkan interpretasi individual oleh masing-masing pakar dengan mengkik calculate.  Nah, apabila ada hasil yang menunjukkan inconsistensi yang tinggi, silahkan klik icon participant untuk menonaktifkan pakar/reponden tersebut.  Untuk hasil pembobotan berdasarkan rerata geometric, atau secara simultan oleh tiga orang pakar tersebut, plij Combined pada List of Participant kemudian lakukan kalkulasi (calculate) untuk mengeluarkan hasil analisis.

PENUTUP

Sedemikian yang dapat kami uraikan secara singkan dan semoga padat, jika terdapat masalah atau pertanyaan kami siap menerima pada kolom komentar.  Kami sarankan untuk menyalin (copy) komentar FB pada kolom komentar Google+, agar notifikasi ke kami lebih cepat.  Mohon maaf karena kolom komentar FB masih dalam perbaikan, notifikasi kea kun saya sering telat bahkan tidak ada.

Semoga Bermanfaat..
Wassalam..
Mawardi A Asja
Share this article :
Comments
13 Comments

+ comments + 13 comments

Anonymous
February 4, 2014 at 3:59 AM

maaf pak, mau bertanya.. Bagaimana apabila saya menemukan pakar atau responden yang memiliki nilai inconsistensi yang tidak memenuhi syarat? maksudnya ingin saya keluarkan saja dari analisis..

February 10, 2014 at 9:45 PM

trimakasih.. Perhatikan langkah 3, silahkan hilangkan contreng pada kolom participan untuk responden yang anda ingin keluarkan dari analisis..

November 3, 2014 at 3:36 AM

Salam pak, ingin menanyakan bagaimana cara menampilkan hasil/kesimpulan dari seluruh responden,,setelah memilih combined..lalu bagaimana pak? terimakasi

November 1, 2015 at 12:22 AM

terimakasih...sangat bermanfaat.....ijin unduh, salam

September 5, 2016 at 7:08 AM

pak, apakah bisa berbagi softwarenya ?

March 11, 2019 at 5:43 PM

Portable Expert Choice 11 Full Version
Merupakan Software Portable, Tidak Perlu Install, Langsung Dipakai
Lebih Praktis, Bisa Disimpan Di Flaskdisk, Komputer, Laptop, DLL
Bisa Untuk OS Windows 32 Bit Dan OS Windows 64 Bit
Link Download Portable Expert Choice 11 Full Version
http://updatetribun.org/ExpertChoice11

May 19, 2019 at 3:25 AM

Apakah bisa berbagi software nya?

May 19, 2019 at 3:25 AM

Apakah bisa berbagi software nya?

June 8, 2019 at 9:57 AM

Klo mau menngcombine itu combine nya harus di isi lagi y?

June 8, 2019 at 9:59 AM

Klo mau menngcombine seluruh hasil responden, combine nya di isi dlu ya?

October 16, 2019 at 1:33 AM

Kalo mau menngcombine seluruh hasil responden, combine nya di isi dlu ya? Krn sya udh isi semua responden tpi pas di bagian tidak ada isi apa2

Reply

June 14, 2022 at 6:53 PM

kalau sensitivity graph ga muncul harus apa ya? padahal data yg dimasukkan udah memenuhi nilai inconsistensi

Anonymous
January 18, 2023 at 1:47 AM

mohon ijin bertanya pak, jika responden kita banyak (misalkan 50 pasticipant), berarti harus mengisi 1 per 1 ya pak? karena jika ada sub kriteria, maka akan makin banyak yang harus diisi oleh setiap 1 responden saja, belum lagi kalau 50 responden...,
atau ada cara yang lebih sederhana ya pak?

Post a Comment

 
Link Terkait : unsulbar | unhas | Peternakan-USB | Johny Template | Mas Templatea
Copyright © 2011. Wawasan Peternakan dan Statistik - All Rights Reserved
Base Template by Creating Website Modify by CG Advance modify by Mwd.Asja
Proudly powered by Blogger