plus.google.com
"mawardi a asja"

Output dan Interpretasi SPSS Faktorial 3 x 3

Saturday, March 30, 2013 0 comments


Output dan interoretasi berikut berkaitan dengan artike Contoh soal ral faktorial dengan spss, jika anda belum membaca disaranan untuk melihat proses analisis tersebut dengan meng-klik link di atas.

Output (Log)

Output petama yang muncul pada Window Output-SPSS Viewer adalah Log proses analisis, pada Log ini tertera sumberdata yang dianalisis dan langka-langkah analisis yang dilakukan.


Output (Between-Subjects Factors)

Pada Output ini ditunjukkan faktor-faktor dalam penelitian, value label dan banyaknya (N) data untuk masing-masing faktor yag diukur.



Output (Descriptive Statistics)


Output ini menunjukkan rata-rata nilai TBA, standar deviasi, banyak data (N) untuk masing-masing pasangan faktor.

Output (Levene's Test of Equality of Error Variances)

Pada output ini ditunjukkan salah satu pemeriksaan terhadap asumsi anova dari data yang dianalisis.  Pada hasil analisis di atas ditnjukkan nilai Levene's test Sig. 0,001 yang berarti bahwa kehomogenan ragam data yang dianalisis adalah nyata, sehingga asumsi kehomogenana ragam tidak terpenuhi.  Beberapa literatur tetap menerima hasil analisis SPSS (program dapat mengatasi), namun sangat dianjurkan untuk kembali malakukan pemeriksanan data.  Unutk kasus ini, pembahasan akan tetap kita lanjutkan, karena maksud pembahasan pada artikel ini adalah memberi interpretasi pad ahasil analisis yang telah dilakukan secara manual sebelumnya.

Output (Tests of Between-Subjects Effects)

Output inilah yang merupakan Tabel ANOVA pada analisi secara manual, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Nilai Intercept adalah nilai dari Faktor Koreksi, jika ingin melakukan koreksi dapat anda cek pada nalisis secara manual.  Hasil anova menunjukkan bahwa FAktor A, Faktor B dan Interaksi antara kedua faktor menunjukkan pengaruh yang nyata dengan nilai Sig. <0,01 atau p<0,01.

Output (Post Hoc Test)

Uji Lanjut unutk Faktor A (Level Asam Askorbat)

Output di atas adalah hasil uji-LSD. Unutk Uji-Duncan perhatikan gambar di bawah:


Uji-LSD menunjukkan semua pasangan perbandingan menunjukkan beda nyata (P<0,01) dilihat dari nilai pada kolom Sig =.000, demikian pula pada Uji-Duncan, bahwa semua perlakuan level asam askorbat (Faktor A) menunjukkan perbedaan yang nyata ditunjukkan oleh terbentuknya 3 subset dan masing-masing nilai rp yang mengisi pada masing-masing subset unutk pengukuran pada taraf 5%.


Uji Lanjut unutk Faktor B (Lama Penyimpanan)



Pada Uji-LSD, keduali untuk perbandingan lama penyimpanan 5 dan 6 hari, semua perlakuan menunjukkan beda pada taraf 1%.  Hasil ini dipertegas pada hasil analisis Duncan yang dilakukan, bahwa untuk taraf ketelitian 5% semua perlakuan pada faktor lama penyimpanan berbeda secara nyata.

Semoga Bermanfaat....
By: Mawardi A Asja





Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Link Terkait : unsulbar | unhas | Peternakan-USB | Johny Template | Mas Templatea
Copyright © 2011. Wawasan Peternakan dan Statistik - All Rights Reserved
Base Template by Creating Website Modify by CG Advance modify by Mwd.Asja
Proudly powered by Blogger